Apa itu layanan gratis pengembalian barang Drop off (Pos Indonesia & PopBox)?

Saat ini Lazada bekerja sama dengan PT. Pos Indonesia dan PopBox untuk layanan pengembalian barang secara Gratis dengan sistem Drop off. Drop off adalah layanan pengantaran produk yang ingin dikembalikan melalui kantor Pos Indonesia atau PopBox.

Anda dapat menikmati Layanan Drop Off pada Pos Indonesia atau melalui PopBox dengan mengisi formulir pengembalian barang terlebih dahulu. Langkah-langkah pengembalian barang dapat dilihat pada video yang tersedia dengan klik link berikut: Video cara mengisi return form

A. Drop off melalui Pos Indonesia

Bagaimana proses Drop Off pada PT. Pos Indonesia?

  1. Isi formulir pengembalian barang secara online
  2. Pilih metode Drop Off dengan layanan Pos Indonesia
  3. Setelah pelanggan mengisi formulir pengembalian barang ,maka akan mendapatkan kode otorisasi atau RA (Return Authorization) yang terdiri dari 15 digit dengan prefix RN diikuti dengan (nomor order) dan kombinasi angka. contoh RN3001231234567.
  4. Cetak formulir yang sudah dilengkapi dengan Return Number dan nomor order dengan klik "Cetak Sekarang"
  5. Kemas paket dengan baik dan tempelkan sticker / formulir pengembalian diluar kemasan paket.
  6. Anda dapat mengunjungi kantor Pos terdekat untuk mengirimkan produk yang akan Anda kembalikan. Informasi lokasi kantor Pos terdekat di wilayah Anda dapat dilihat disini
    Harap diperhatikan, kantor Pos yang menerima layanan Drop Off ini TIDAK termasuk Delivery Center (DC), Kantor pos perwakilan (Agent) dan Kotak Pos.
  7. Pengembalian barang melalui Pos Indonesia tidak dikenakan biaya (gratis) apabila Anda menyertakan kode RA (Return Authorization/nomor return dan nomor order pada kertas yang ditempel diluar kemasan atau pada formulir pengembalian barang yang sudah Anda cetak.
  8. Setelah Anda menyerahkan produk ke pihak Pos, pastikan Anda mendapat nomor resi (AWB) agar dapat melacak pengiriman produk tersebut.
  9. Pihak Pos akan mengirimkan produk ke gudang Lazada

Apakah ada berat maksimum untuk Drop Off pada PT. Pos Indonesia?

Ya. Berat maksimum dari produk yang ingin dikembalikan menggunakan drop off adalah 50 Kg

Bagaimana apabila saya tidak dapat mencetak formulir pengembalian barang?

Anda dapat menuliskan kode RA dan Nomor order Anda di kertas lalu tempel di luar kemasan produk yang Anda kembalikan. Namun pastikan Anda menuliskan kedua nomor tersebut dengan lengkap.

Contoh Formulir pengembalian barang:

B. Drop Off dengan PopBox

Apa itu PopBox?

PopBox adalah loker otomatis yang aman dan memudahkan Anda untuk melakukan pengembalian dengan Gratis

Bagaimana proses Drop Off pada PopBox?

  1. Setelah mengisi formulir pengembalian barang pada website Lazada, kemas paket dengan baik dan tempelkan sticker / formulir pengembalian diluar kemasan paket.
  2. Kunjungi PopBox locker terdekat (Lokasi PopBox Locker). Untuk mengetahui cara mengisi PopBox, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:
    a. Pilih opsi bahasa
    b. Pilih opsi layanan Mengembalikan Barang / Parcel Return
    c. Pilih Lazada
    d. Scan kode RA (Return Autorization/nomor return) atau ketik manual kode RA atau nomor pesanan Anda
    e. Masukkan nomor handphone Anda
    f. Periksa nomor handphone Anda, kemudian tekan Lanjutkan / Continue
    g. Periksa konfirmasi pengembalian, kemudian klik OK
    h. Pilih ukuran locker yang sesuai untuk produk yang dikembalikan
    i. Pada layar akan tampil nomor locker. Masukan produk yang akan dikembalikan. Jika Anda ingin mengganti locker, silahkan pilih Ganti/Ubah-Locker atau Change-Locker
    j. Pastikan locker tertutup rapat setelah Anda memasukan produk.
  3. Masukkan produk Anda pada locker PopBox. Pastikan locker tertutup rapat setelah Anda memasukan produk
  4. Anda akan menerima dua SMS konfirmasi pengembalian. SMS konfirmasi pertama setelah produk masuk ke locker, SMS konfirmasi kedua jika produk telah sampai di gudang Lazada.

Dimana saja lokasi PopBox locker?

Untuk mengetahuinya, silahkan klik Lokasi Popbox locker

Berapa ukuran PopBox Locker?

  • XS: 20 cm (T) x 24 cm (L) x 48 cm (P)
  • S: 10 cm (T) x 48 cm (L) x 48 cm (P) - (contoh: laptop, handphone, dll)
  • M: 20 cm (T) x 48 cm (L) x 48 cm (P) - (contoh: box sepatu)
  • L: 33 cm (T) x 48 cm (L) x 48 cm (P) - (contoh: Pampers, kaleng susu)

Catatan: Tidak semua lokasi memiliki ukuran XS dan XL. Maksimum berat produk dengan fasilitas PopBox adalah 7 kg.

Bagaimana jika kode saya tidak bisa discan?

Anda dapat ketik manual kode RA atau nomor pesanan. Pastikan kode atau nomor pesanan yang Anda masukan benar.

Kemana saya bisa bertanya lebih lanjut mengenai PopBox?

Silahkan menghubungi customer care PopBox di nomor 2902 2537/8 atau email ke info@popbox.asia atau customer care Lazada.

 

 

 

 

Jika Anda masih memerlukan bantuan lebih lanjut, silahkan klik disini untuk kembali ke menu chat

0 Comments

"
Article is closed for comments.
"